Jumat, 13 Maret 2015

Mengintip peluang untung besar dari bisnis batu akik/permata beserta bisnis turunannya.

Mengintip peluang untung besar dari bisnis batu akik/permata beserta bisnis turunannya.

Saat ini dunia perbatuan indonesia sedang mengalami BOOMING. Inilah saat yang tepat untuk anda masuk ke bisnis perbatuan ini. Alih-alih anda menjual cincin atau batu yang sudah jadi, yang saat ini telah menjamur, anda bisa mencoba bisnis lain yang sifatnya merupakan aspek pendukung dari dunia perbatuan tersebut. Berikut contoh-contohnya:

-Membuka bisnis SEKTOR HULU dari dunia perbatuan. Bisnis hulu perbatuan meliputi penambangan bahan baku, dan distribusinya. Antara lain: 1.Mensponsori TAMBANG BATU permata/akik. Untuk terjun ke bidang ini, anda harus faham wilayah-wilayah mana saja yang berpotensi menghasilkan batu berkualitas. Kemudian andapun harus mengantongi ijin dari pemda setempat maupun warga sekitar. Carilah daerah-daerah potensi batu yang belum terjamah seperti daerah sukabumi, atau purbalingga (batu klawing).Apabila anda bermain di pulau bacan, kasiruta ataupun garut dan aceh nagan raya, serta baturaja maka pemainnya sudah terlalu banyak dan crowded.

2.Menjadi SUPLYER bahan batu (ROUGH). Bedanya anda tinggal menerima bahan saja dari penambang kemudian anda suply ke pengrajin ataupun konsumen batu di kota.

3.Menjadi PERANTARA antara penambang dan perajin serta dengan pemilik modal dan pengepul batu.Disini diperlukan keluwesan dalam bergaul dan berkomunikasi antara penambang, perajin serta pemilik modal.

-Membuka bisnis  HILIR dari dunia perbatuan. Bahan yang sudah didapat dari alam, selanjutnya diproses dan didistribusikan. Anda bisa menangkap peluang bisnis di sini.  contohnya adalah:

1.Membuka gerai TOKO gemstone. Disini anda membutuhkan modal besar untuk sewa kios, lemari batu, koleksi batu, gaji karyawan dll

2.Membuka toko GROSIRAN/distributor batu. Perlu lokasi di pusat perbatuan (gems center), karena anda sudah bermain di kelas grosiran dan bukan eceran lagi.

3.Membuka bisnis JASA POTONG batu dan GOSOK batu. Hal ini berpotensi menguntungkan dalam jumlah besar terutama di kota-kota kecil ataupun pulau-pulau sebrang, dimana jasa potong batu masih sangat jarang atau belum ada di kota kecil tersebut.

4.Membuka toko ONLINE khusus BATU di internet, fb, twitter, bbm dll
Anda harus pandai mengoperasikan laptop atau smartphone, sehingga mempermudah dan memperlancar anda dalam membuka toko batu online. Juga kemampuan fotografi batu, sehingga anda dapat menciptakan foto-foto yang menarik untuk produk.

5.Membuka toko/bisnis khusus ikat cincin (EMBAN) batu.

6.Membuka WORKSHOP (pengrajin) khusus batu yang mengerjakan bahan batu sesuai pesanan konsumen beserta aspek seninya.

-membuka bisnis sektor pendukung dari dunia perbatuan:

1.Membuat emban (ikat) cincin kalung  batu.

2.Membuat KOTAK penyimpanan batu.

3.Memproduksi/menjadi distributor alat-alat PERMESINAN batu.

4. Membuka bisnis pengiriman PAKET (semacam tiki) tetapi khusus batu.

5.Membuat KULIT POLES atau kertas poles khusus batu.

6.Menjadi distributor SENTER khusus batu.

7.Menjadi distributor kaca pembesar (LOUPE) dan CALIPER khusus batu.

Demikianlah beberapa peluang bisnis batu akik dan permata, serta semua bisnis turunannya, yang bisa anda jadikan pilihan untuk anda tekuni sesuai dengan passion, modal yang dimiliki, posisi tempat tinggal, serta faktor-faktor lainnya.

Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi anda. آمِيّنْ ...آمِيّنْ ... يَآرَبَّ الْعَلَمِيّنْ ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar