Sabtu, 31 Januari 2015

Cara ampuh bedakan batu permata/akik asli atau palsu

Anda telah menemukan nilai yang baik; Anda telah membeli sebuah batu permata cantik.. Lalu apa? Kebanyakan permintaan kita dapatkan dari pelanggan batu permata adalah, "Bagaimana saya bisa tahu batu apa yg sebenarnya ada dalam paket saya?" Dengan latihan, beberapa alat Gemological, dan panduan ini, Anda dapat belajar untuk memberitahu topaz dari turmalin - dan hampir setiap permata lainnya - dalam waktu sekitar lima langkah. Plus, jika Anda menyukai misteri yang baik, Anda berada dalam tempat yang tepat!

Jay Boyle, senior di JTV, adalah seorang praktisi batu berkata : "Ikuti prosedur dan mencoba untuk melatih mata Anda saat Anda pergi," ia menyarankan. "Anda akan mulai melihat bahwa garnet merah pernah benar-benar berwarna ruby ​​Burma atau andesin merah. Akhirnya, Anda mendapatkan kemampuan yg cukup baik untuk melakukan 'sight ID' dan benar 98% dari seluruh kemampuan. Ini membutuhkan latihan dan buku yang bagus referensi atau dua, ditambah beberapa peralatan gemologi dasar. "

(Catatan: Saya baru saja menyelesaikan Gemological Institute of (GIA) mata praktikum identifikasi batu permata Amerika, dan saya sangat merekomendasikannya Selama saya mengembangkan proses dan untuk menyelesaikan tes ini sendiri, tetapi mereka bijaksana merekomendasikan prosedur tertentu, dan saya. akan mengikuti urutan mereka dalam artikel ini.)

Sebelum Anda memulai pengujian, bersihkan batu Anda dengan kain. Lipat kain ditengah dan kemudian setengah lagi, untuk membuat persegi. Hidupkan kembali salah satu sudut dan "tuck" batu Anda seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan; kemudian tarik atas "selimut" dan menggosok batu tegas antara jari-jari Anda untuk membersihkan kotoran, sidik jari, debu, serat, minyak dari tangan Anda, dll Percayalah - jangan meremehkan pentingnya batu bersih! Sepanjang sisa proses, memegang batu Anda dengan pinset seperti yang ditunjukkan bila memungkinkan untuk tetap bersih.

Langkah 1 - Dasar Pengamatan: Warna, Transparansi, dan Berat Jenis

alat yang Anda perlukan:

pinset
10x pembesar
sumber cahaya

Perhatikan bahwa bila memungkinkan, pengamatan dasar harus dilakukan dengan mata telanjang atau, dalam beberapa kasus, dengan pembesar 10x triplet, dalam cahaya siang hari-setara. Perbesaran kuat dengan mikroskop tidak diperlukan pada saat ini. Menjaga batu sekitar satu kaki dari mata Anda dan di atas latar belakang putih atau abu-abu (seperti kain permata, seperti yang ditunjukkan), melihatnya menghadapi-up dan dari samping (seperti yang ditunjukkan) di bawah daylight-setara atau lampu neon. Sekarang penyelidikan ...

Warna: Hue, Tone, Saturation

Petunjuk paling mudah untuk memisahkan dan mengidentifikasi batu permata adalah warna. Warna adalah kombinasi dari warna, nada, dan saturasi, dan Anda akan mengevaluasi semua orang selama pengamatan umum. Secara umum, tidak bersinar terang melalui batu untuk menghargai warna, kecuali terlihat hitam dan Anda perlu cahaya melalui batu untuk menentukan apakah itu benar-benar biru gelap atau hijau, dll

Warna

Pertama, perhatikan dasar warna tubuh secara keseluruhan batu permata Anda (atau "rona") dengan melihatnya secara keseluruhan. Cobalah untuk menjadi sejelas mungkin - adalah biru, atau biru agak kehijauan? Apakah merah, atau itu merah keunguan sedikit? Ada 31 warna dalam roda warna GIA, dan lebih spesifik Anda, "bukti" yang lebih baik Anda akan memiliki ketika saatnya untuk mengidentifikasi batu Anda.

Nada

Adalah permata Anda cahaya nada, sedang, gelap, atau suatu tempat di antara? Nada menjelaskan bagaimana gelap atau terang warnanya, dan GIA menggunakan tujuh tingkat nada untuk menggambarkan batu berwarna, dari sangat ringan sampai sangat gelap. Pertama memutuskan apakah batu Anda ringan, sedang, atau gelap; kemudian mencoba untuk lebih spesifik (sangat ringan, gelap menengah, dll).

Kejenuhan

Idenyifikasi selanjutnya kekuatan atau intensitas warna (saturasi) di salah satu dari enam kelas mulai dari membosankan melalui kuat untuk hidup. Untuk menilai saturasi, catatan pertama apakah warna batu Anda jatuh hangat (kuning, jeruk, merah) atau dingin (ungu, biru, hijau) keluarga warna. Untuk batu yang hangat berwarna, mencari brownness. Semakin sedikit brownness Anda lihat dalam warna, lebih baik, dan lebih tinggi saturasi batu akan. Lebih brownness menunjukkan saturasi yang lebih rendah untuk batu hangat-warni. Untuk warna keren, mencari ada tidaknya grayness. Banyak grayness menunjukkan saturasi kusam; sedikit atau tidak ada grayness adalah saturasi kuat atau hidup. Instruktur saya berbagi aturan yang baik: Jika Anda tidak "melihat atau merasakan" coklat atau abu-abu ketika Anda melihat batu Anda, mungkin jatuh di "kuat" kisaran kejenuhan. Saturasi Vivid sangat jarang.

Transparansi dan Berat Jenis

Sekarang memutuskan: Apakah Anda batu transparan, tembus, atau buram? Kemudian menentukan seberapa kuat api batu Anda atau dispersi, jika api hadir sama sekali, dan perhatikan apakah itu kuat, sedang, atau lemah.

Bounce batu di telapak tangan Anda untuk menentukan bobot nya. Apakah itu merasa berat seperti Anda pikir itu harus, mengingat ukurannya? Apakah merasa lebih berat, atau biasa ringan? Ini adalah cara sederhana untuk menentukan berat jenis batu. Ini tidak tepat, tapi itu cukup dekat.

Langkah 2 - Light It dan pembesar itu: Optical Fenomena dan Luster

alat yang Anda perlukan:

pinset
light pen
10x pembesar

Optical Fenomena

Lulus cahaya pena atau mirip tajam, terkonsentrasi, sinar lampu pijar di permukaan batu untuk memeriksa karakteristik khusus optik (fenomena), seperti perubahan warna, asterism (star), chatoyancy (cat's-mata), adularescence (floating shimmer), aventurescence (sparkle), dll

Kilau

Mengubah batu Anda sehingga cahaya memantul permukaan (seperti yang ditunjukkan) untuk menilai berkilau. Lihat batu dengan mata telanjang serta dengan 10x pembesar (seperti yang ditunjukkan). Apa yang kamu lihat? Apakah kusam, lilin, logam, mengkilap seperti berlian (adamantine), vitreous (seperti gelas), berminyak, halus?

Jika ada chip di batu, menggambarkan permukaan dalam area terkelupas. Apakah bulat seperti cincin di kerang (conchoidal), lurus seperti langkah-langkah, granular, splintery, atau hanya tidak merata? Juga menentukan berkilau di ruang terkelupas.

Langkah 3 - Menentukan Indeks Bias dan Birefringence

alat yang Anda perlukan:

refraktometer
indeks bias (RI) cairan
Indeks Bias Pengujian (RI)

Saya telah menemukan bahwa menentukan batu permata di RI adalah bit tunggal yang paling berguna dari informasi dalam menentukan apa batu itu. Boyle setuju, menyatakan bahwa "cara termudah dan paling akurat jelas mengidentifikasi permata yang berbeda yang dapat terlihat sangat mirip dalam ukuran kecil adalah untuk mengambil RI menggunakan refraktometer." Namun, dengan menggunakan refraktometer membutuhkan latihan dan bisa membuat frustasi sampai Anda bisa digunakan untuk itu; tapi begitu aku menguasainya, itu cukup menyenangkan, dan layak.

Sebelum Anda mulai, pastikan bahwa batu Anda masih bersih. Juga mencatat bahwa refractometers membutuhkan sumber cahaya, jadi jika Anda tidak memiliki cahaya built in, Anda harus bersinar terang ke port cahaya di bagian belakang itu. Hampir setiap cahaya akan lakukan, tapi cahaya monokromatik umumnya akan menunjukkan tajam, membaca lebih jelas dari cahaya putih.

Tutup penutup refraktometer bila memungkinkan saat mengambil RI permata sehingga cahaya ambient di sekitar Anda tidak akan mengganggu membaca. Akhirnya, periksa kalibrasi refractometer Anda dari waktu ke waktu dengan mengambil pembacaan tes di atas batu yang Anda tahu.

Refractometers datang dengan petunjuk, jadi saya tidak akan pergi ke detail, tapi di sini adalah versi pendek (seperti yang digambarkan di sebelah kanan):

1. Sentuh titik kecil (seukuran kepala pin yang) cairan RI pada permukaan logam dari refraktometer dekat bagian belakang hemicylinder kristal. RI cairan hanya dimaksudkan untuk menjadi saluran antara batu dan kristal, sehingga Anda tidak perlu banyak.

2. Menggunakan batu faceted atau cabochon, tempatkan terbesar / terbaik dipoles permukaan atau segi menghadap ke bawah pada titik cairan dan geser melalui cairan ke tengah kristal hemicylinder (menggunakan jari-jari Anda seperti yang ditunjukkan, bukan pinset, atau Anda ' Risiko ll menggaruk hemicylinder kristal yang sangat berharga). Orient "panjang" batu (seperti markisa, oval, pir, atau persegi panjang) memanjang, selaras dengan kristal hemicylinder. Jika Anda menguji batu bentuk yang unik, tahan sehingga beberapa permukaan dipoles menyentuh cairan dan kristal, seperti yang ditunjukkan, dan membuat Anda membaca. Ingat bahwa batu hanya dipoles akan memberikan pembacaan RI. Gem batu kasar dan kasar tidak akan memberikan pembacaan RI.

Catatan: Jika batu Anda tampaknya terlalu licin, seolah-olah itu mengambang di cairan, atau jika Anda melihat pelangi warna ketika Anda melihat melalui viewer, gunakan tisu untuk sumbu pergi sedikit cairan RI. Sebaliknya, jika gambar yang Anda lihat melalui penampil terlihat tersebar atau tidak lengkap, atau jika batu tidak meluncur di kristal dengan mudah, Anda mungkin tidak memiliki cairan RI cukup.

3. Lihat melalui lensa penampil (tanpa pembesaran, pada awalnya) untuk "gelembung" saat Anda bob kepala Anda perlahan-lahan. (Ya, bob kepala Anda.) Jika Anda tidak melihat garis gelembung itu, memindahkan batu bolak-balik melintasi kristal perlahan sampai Anda melihatnya. Perhatikan bagian bawah kehijauan atau keabu-abuan (tergantung pada sumber cahaya Anda) gelembung garis besar (seperti yang ditunjukkan). Ini adalah bacaan perkiraan Anda, untuk dua desimal atau keseratus terdekat (0,01).

4. Sekarang tempat lensa pembesar pada lensa melihat dan mengambil bacaan yang lebih spesifik, dibulatkan menjadi tiga tempat desimal atau ribuan terdekat (0,01). Tinggalkan batu pada kristal untuk pengujian birefringence.

Kuncinya - setidaknya bagi saya - tampaknya berada di kepala angguk. Aku tahu kedengarannya aneh, dan ketika instruktur mengatakan dalam batu permata saya kelas ID lab, saya pikir itu aneh, tapi itu terbukti benar. Saya menemukan bahwa jika saya tampak terlalu keras atau fokus / terkonsentrasi terlalu banyak, saya tidak bisa melihat membaca, tidak peduli seberapa keras aku mencoba. Ini adalah refleksi beberapa kali-dihapus dari gelembung cairan, setelah semua, jadi sulit untuk membayangkan itu menjadi sangat tepat visual, tetapi jika Anda bob kepala Anda perlahan-lahan sambil menonton, itu akan muncul dan Anda mudah-mudahan akan mendapatkan menutup membaca cukup untuk bekerja dengan.

Beberapa batu akan menunjukkan sangat jelas, sangat terlihat "gelembung," tetapi untuk batu yang lebih pemalu, saya sarankan mendapatkan sedekat mungkin dan pindah. Kebanyakan RI disediakan dalam kisaran angka pula, menurut Boyle, karena "indeks bias batu permata dapat sedikit berbeda tergantung pada lokasi tambang. Oleh karena itu, banyak buku atau grafik RI akan memberikan berbagai."

Saya menemukan bahwa dalam banyak kasus, saya punya bacaan yang lebih baik daripada yang saya pikir saya akan mendapatkan. Anda selalu bisa kembali dan coba lagi nanti, jika jumlah yang Anda dapatkan terbukti membantu.

Pengujian birefringence

Pengujian birefringence akan memberikan karakteristik penting lainnya tentang batu Anda untuk membantu Anda menentukan identitasnya. Untuk menentukan birefringence batu, sedangkan batu masih pada kristal hemicylinder, Anda akan membuat serangkaian sekitar enam sekitar 30 derajat bergantian, sampai batu telah berubah "terbalik" atau 180 derajat (seperti yang ditunjukkan pada gambar berputar di kanan).

Bayangkan batu sebagai garis vertikal imajiner pada jam, mencapai dari 12 di atas (ujung terjauh dari Anda) ke 6 di bagian bawah. Putar searah jarum jam permata sehingga apa yang tepi atas bergerak batu sekitar 01:00, dan mengambil bacaan lain RI. Terus berputar batu ke arah 2:00, maka 3 (yang setengah jalan, atau sudut 90 derajat), kemudian 4, 5, dan berakhir "terbalik" pada 6, mengambil RI pada setiap giliran dan mencatat mereka pada kertas awal. Jika tidak muncul bahwa perubahan membaca, melakukan setidaknya tiga putaran untuk memastikan. Kurangi angka terendah dari yang tertinggi untuk menemukan birefringence dengan batu, dibulatkan menjadi tiga tempat desimal atau seperseribu (0,001).

Catatan: The RI cairan mungkin mengering selama proses pengujian birefringence. Jika membaca mulai terlihat rusak atau tersebar, menyeka batu dan silinder, tambahkan titik baru cairan RI, dan melanjutkan.

Tip Refractometer: Instruktur saya berbagi tip besar mengenai perawatan refraktometer Anda. Jika Anda tidak akan menggunakannya untuk sementara, menggosok setetes petroleum jelly pada hemicylinder untuk mencegah menodai.

Over The Limits (OTL)

RI cairan itu sendiri memiliki RI 1,80. Ini berarti bahwa batu dengan RI atas 1,80 (seperti berlian, zirkon, Kerusit, sfalerit, dan lain-lain) yang "melebihi batas" (OTL) dan tidak akan menampilkan bacaan. Anda juga tidak akan mendapatkan RI membaca lebih rendah dari sekitar 1,35. Fluorit (1,434) dan opal (serendah 1,37) mungkin pembacaan terendah Anda akan melihat.

Langkah 4 - Menentukan Tunggal vs Refraksi ganda

alat yang Anda perlukan:

polariskop

Sebuah polariskop adalah alat sederhana yang akan membantu Anda menentukan apakah permata Anda bias ganda (DR), tunggal bias (SR), atau agregat (AGG). Perhatikan bahwa batu permata hanya transparan dan tembus harus digunakan dengan polariskop a; batu buram atau hampir buram tidak akan memberikan bacaan.

Untuk menggunakan polariskop sebuah, menyalakan lampu dan menempatkan wajah batu Anda di atas polarizer (lensa kaca yang lebih rendah). Melihat ke bawah ke batu melalui analisa (lensa atas), mengubah analyzer sampai daerah sekitar batu terlihat gelap. Ini adalah titik awal Anda. Menonton batu, putar analisa penuh 360 derajat, sampai daerah sekitar menjadi cahaya dan kemudian kembali ke yang paling gelap lagi, seperti yang ditunjukkan.

Tip: Jika Anda memiliki kesulitan untuk melihat cahaya / perubahan gelap dalam batu Anda, menembus lubang kecil di kartu putih dan letakkan di analisa, seperti yang ditunjukkan, untuk memblokir beberapa gangguan dan cahaya. Kemudian rekan di batu Anda melalui lubang dan berusaha untuk mengambil bacaan lain. Sebuah trik yang sama juga dapat membantu Anda fokus mata Anda pada daerah yang paling transparan dari batu jika berat disertakan.

Jika batu Anda muncul gelap dan tampaknya tetap gelap, itu mungkin SR, meskipun mungkin DR. Untuk memastikan, Anda harus mengubah batu sedikit dan mengambil bacaan lain, dua kali, memeriksa batu dari setidaknya tiga pandangan. Jika masih gelap dari ketiga pandangan, itu SR. Setelah Anda memutuskan bahwa pasti, berhenti dengan tes ini dan melanjutkan.

Jika batu Anda mulai ringan dan tampaknya tetap ringan, itu mungkin Agg. Berbagai faktor dapat menyebabkan batu DR muncul AGG, seperti inklusi atau tinggi RI readings.Your batu mungkin "blink" dari terang ke gelap kembali ke cahaya, atau sebaliknya. Dalam hal ini, bisa jadi baik DR atau SR dengan ADR, yang berarti anomali (palsu) DR. Dalam hal ini, pengujian lebih lanjut diperlukan. Batu ADR termasuk kuning, opal, berlian, spinel sintetik, dan garnet merah dalam warna mereka (oranye, ungu, merah), serta kaca. Sementara batu muncul "cahaya," Anda mungkin melihat "crosshatch" penampilan. Ini merupakan indikator dari ADR dan petunjuk yang baik bahwa batu mungkin spinel sintetis. Jika Anda melihat band-band gelap dan terang yang muncul untuk bergerak dan bahkan lintas saat Anda memutar lensa analyzer, Anda mungkin memiliki batu SR dengan ADR.

Polarizer Tips:

Batu dengan membaca tinggi RI harus diuji pada sisi mereka daripada menghadap ke bawah untuk mengurangi cahaya terpental sekitar dari off aspek mereka dan memberikan hasil terbaik.

Batu-batu kecil mungkin sulit untuk dibaca dengan benar. Coba gunakan lensa pembesar dari refraktometer Anda di atas lensa analyzer untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik. Juga mencoba untuk melihat hanya daerah yang paling transparan batu Anda jika itu sangat disertakan.

Jika batu Anda berwarna merah dan Anda menemukan indeks bias 1,73 atau lebih besar, melewatkan polariskop dan hanya menggunakan dichroscope untuk langkah ini.

Membuat Identifikasi Anda!

Ucapan Selamat! Dalam kebanyakan kasus, Anda sekarang telah mengumpulkan informasi yang cukup untuk menentukan identitas batu Anda. Temukan batu permata yang memiliki warna batu misterius Anda dan RI. Dalam banyak kasus, itu saja positif akan mengidentifikasi permata Anda. Menurut Boyle, "Anda dapat dengan jelas mengidentifikasi 95% dari semua permata dengan satu tes sederhana. Setiap batu permata memiliki RI unik yang dapat bukti positif untuk mengidentifikasi permata yang Anda miliki di paket Anda."

Cocokkan informasi ke data pada Gemstones kami 101 halaman atau ke RI, birefringence, dan grafik lainnya dalam buku Walter Schumann, Gemstones of the World.

Namun, jika itu membuat Anda dengan lebih dari satu kemungkinan, Anda dapat mempersempit pilihan Anda dengan birefringence dan ganda vs tunggal kebiasan. Hanya sebagian kecil dari batu permata masih akan menjadi misteri setelah tes ini, dan analisis yang lebih maju dan detail akan diminta untuk secara positif mengidentifikasi mereka. Anda dapat mempelajari langkah-langkah lebih maju melalui kursus Gemstone Identifikasi GIA (tersedia bahkan melalui surat atau online) dan kelas laboratorium selama seminggu di lokasi, seperti yang saya lakukan, atau berkonsultasi dengan buku-buku seperti Antoinette Matlins 'Gem Identifikasi Made Easy dan Richard T. Liddicoat Handbook of Gem Identifikasi. Boyle merekomendasikan keduanya, berbagi bahwa "kedua buku sangat baik dalam berjalan pemula melalui langkah-langkah untuk mengidentifikasi batu permata."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar