Kamis, 26 Februari 2015

Modus : Batu kyanite dibilang batu blue safir

Modus: Batu kyanite dibilang batu blue safir.

Kali ini saya akan membahas mengenai batu blue safir, dimana batu tersebut masuk dalam jajaran batu precious sejajar dengan zamrud dan ruby.Namun sayang sekal, saat ini banyak beredar penjual nakal yang menjual batu kyanite, dikatakan sebagai batu blue safir.

Contohnya ini adalah batu kyanite yang berasal dari australia. Dimana batu kyanite ini merupakan jenis batu tersendiri, namun para penjual nakal akan mengatakan batu ini sebagai batu "safir australi". Padahal batu kyanite berbeda sekali dengan batu safir. Jadi agar anda waspada pastikan jika anda membeli pastikan batu safir yang anda beli sebagai safir asli. Tentunya harganya sangat tinggi dan mahal.

Bagaimana cara anda mengenali batu kyanite, supaya tidak tertipu dan terkecoh dengan batu blue safir asli. Berikut beberapa keterangannya :Harga batu kyanite australia (natural blue kyanite) seberat 1,86 carat dipasaran sebesar 50ribu sd 75ribu (belum diikat, bentuk oval chabochon polos)dengan serat es atau I.

Sementara yang sudah diikat seharga 200 sd 300 ribu (tergantung jenis dan bahan ikatan cincinnya)

Kyanite jarang difaset atau dibentuk seperti permata. Biasanya batu kyanite dihadirkan dengan bentuk cabochon atau polosan. Hal ini dikarenakan kekerasan kyanite tidaklah merata di permukaanya sehingga rawan pecah atau rusak ketika melalui proses cutting.

Namun kyanite yang berhasil difaset sempurna tanpa ada kerusakan akan memiliki keindahan warna yang luar biasa dan sangat memenuhi kriteria sebagai batu permata. Kyanite yang difaset mempunyai nilai jual lebih daripada kyanite dalam bentuk polosan.

Dan yang perlu diketahui, kyanite (Al2SiO5) adalah trimorphous dengan andalusite(Al2SiO5) dan sillimanite (Al2SiO5). Trimorphous berarti memiliki rumus kimia dasar yang sama tetapi memiliki struktur kristal yang berbeda.

Kyanite memiliki struktur kristal Triclinic - Pinacoidal, andalusite memiliki struktur kristal Orthorhombic dan silimanite memiliki sistem kristal. Orthorhombic-Dipyramidal.

Mineral kyanite tersebar di berbagai tempat di penjuru dunia mulai dari Nepal, Tibet, Austria., Swiss, Italia, Norwegia, Rusia, Kenya, Tanzania dan Australia.

Variasi Warna kyanite : Biru, Hijau, Orange, Putih,Hitam, Pink

Kadar Transparasi : Transparant - Opak

Luster : Vitreous, Pearly

Index Bias : 1,712 - 1,734

Kadar Keras : 5.5 - 7 Skala Mohs.
Berat Jenis : 3.53 - 3.65 gr/cm3
Formula Kimia : Al2SiO5 (Alumunium Sillicate)
Sistem Kristal : Triclinic - Pinacoidal
Tahun ditemukan : 1789
Wilayah Penghasil : Afghanistan, Australia, Austria., Swiss, Italia, Norwegia, Rusia, Kenya, Tanzania

Demikian sekelumit tentang batu kyanite dan perbedaan-perbedaan mendasarnya dengan batu blue safir asli. Semoga bermanfaat. Wallahualam bisshawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar