Jumat, 27 Februari 2015

Modus: Batu "Giok lilin" yang sangat mirip batu sungai dareh.

Modus: Batu "Giok lilin" yang sangat mirip batu sungai dareh.

Assalamualaikum wr wb

Selamat jumpa kembali di ilmubatu.wordpress.com

Batu sungai dareh merupakan salah satu batu favorit yang sedang naik daun. Batu ini termasuk batu yang bernilai tinggi.

Sayangnya, pedagang nakal mulai mencari cara menjual batu ini dengan mencari pengganti batu yang menyerupai sungai dareh. Untuk keuntungan yang maximal.

Contohnya dengan menggunakan pengganti berupa batu "giok" lilin, asalnya batu "giok" lilin ini bukan dari lokal indonesia, tapi berasal dari luar negeri dimana bentuknya sangat mirip dengan batu sungai dareh.

Tapi kalau kita misalnya bertanya ke pasar batu, maka batu ini biasa disebut sebagai "giok lilin" oleh para pedagang nakal akan dijual sebagai batu sungai dareh, dan apabila dibawa ke lab, hasilnya akan menunjukkan bahwa batu "giok" lilin ini berasal dari kelompok batuan chalcedony.

Batu "giok lilin" ini penampakkannya sangat mengkilap, bersih, serta sama sekali tidak ada bintik. Berbeda dengan batu sungai dareh yang asli, bila sungai dareh asli, umumnya terdapat ciri bintiknya.

Batu ini sudah mulai banyak beredar di dunia perbatuan serta di pasar batu. Jadi berhati-hatilah, pastikan apabila anda membelinya, anda mendapat batu yang asli.

Demikianlah pembahasan tentang batu giok lilin yang sering disalahgunakan sebagai batu sungai dareh.

Semoga bermanfaat. آمِيّنْ ...آمِيّنْ ... يَآرَبَّ الْعَلَمِيّنْ ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar